Kamis, 20 Februari 2014

Tokoh Shinsengumi dalam Anime Hakuouki dan Rurouni Kenshin (Update)

Baru-baru ini saya selesai menonton anime Hakuouki Shinsengumi Kitan (Season 1). Ternyata beberapa tokohnya memiliki kesamaan dengan Rurouni Kenshin yang terinspirasi dari kelompok Shinsengumi yang asli. Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa tokoh Shinsengumi yang saya temukan pada beberapa blog dan saya tambahkan sesuai dengan pengetahuan saya. Cekidot! :)

1. Hijikata Toshizo


Hijikata Toshizo dari Hakuouki dengan Aoshi Shinomori dari Rurouni Kenshin.

Berdasarkan sumber dari mbah gugel, sosok yang dijadikan model dari karakter ini merupakan wakil komandan Shinsengumi, Hijikata Toshizo (31 Mei 1835 - 20 Juni 1869)

Tapi, tokoh ini dimodifikasi secara ekstrim dalam manga/anime Rurouni Kenshin. Hijikata diubah menjadi sosok Aoshi sebagai pemimpin Oniwabanshu. Sementara dalam anime Hakuouki, peran Hijikata Toshizo kurang lebih dibuat mirip dengan sosok aslinya.

Faktanya, Hijikata selalu mengenakan Kodachi (sepasang pedang kembar, semacam pisau panjang). Dan uniknya Hijikata ini juga salah satu petarung yang sangat disegani dalam sejarah jepang dengan menggunakan kenjutsunya yang khas yaitu Shinsengumi-kenjutsu" gaya bertarung dari Tennen Rishin-ryu.

Hijikata meninggal dalam pertempuran Hakodate dan sampai sekarang belum tahu dimana dia dikubur tetapi nisan peringatannya bisa kita lihat di dekat Itabashi Station,Tokyo.


Hijikata Toshizo



2. Okita Souji

Pada anime Rurouni Kenshin, Karakter Okita Souji terdapat pada tokoh Soujiro Seta.
Sedangkan pada anime Hakuouki, Karakter Okita Souji terdapat pada tokoh dengan nama yang sama: Okita Souji. Perbedaannya, kisah Okita Souji dalam anime Hakuouki cukup mirip dengan kisah aslinya (bahkan diceritakan juga bahwa ia menderita penyakit TBC) dibandingkan dalam anime Kenshin yang telah dimodifikasi seperti tokoh lainnya.

Pada kenyataannya, Okita Souji merupakan seorang samurai anggota Shinsengumi, sang kapten regu 1 kelompok Shinsen. Dia adalah anggota Shinsengumi yang paling populer, di usianya yang masih sangat muda dia menguasai berbagai macam teknik-teknik pedang handal, dan pada usia 15 tahun lebih dia sudah menjadi seorang samurai yang ulung.

Pedang yang ia gunakan adalah Kikuichi Narimune (dalam anime Rurouni Kenshin pedang inilah yang digunakannya untuk bertarung melawan Kenshin pada pertarungan terakhir). Okita terkenal sebagai ahli pedang terbaik yg dimiliki oleh Shinsengumi.

Sayang sekali, pada umurnya yang ke 20 dia terserang TBC akut. Penyakit Okita mulai diketahui saat peristiwa Ikeda-ya. Dalam peristiwa Ikeda-ya terlihat Okita yang rubuh meskipun ia tidak terkena serangan musuh. Lalu setelah perang Boshin ia masuk rumah sakit di Edo dan meninggal dalam usia 25 tahun.

Okita Souji



Tidak ada komentar:

Posting Komentar